Jumat, 06 Desember 2013

TUGAS TEORI PERENCANAAN PEMBELAJARAN



TUGAS TEORI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
DESKRIPSI MADRASAH ALIYAH NEGRI PANGKALAN BUN (KALIMANTAN TENGAH)

UMS-Surakarta.png

Disusun Oleh  : Teguh Surono (A310120113)

PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
TAHUN 2013




Madrasah Aliyah Negri Pangkalan Bun adalah salah satu sekolah favorit di Pangkalan Bun Kalimantan tengah dan MAN Pangkalan Bun merupakan bekas sekolah saya. Selama tiga tahun lamanya saya belajar disana, Madrasah Aliyah Negri Pangkalan Bun terletak di Jalan Ahmad Yani Km.4,5 Pangkalan Bun Kalimantan tengah. Gedung-gedung sekolah ini terletak di pinggir jalan, namun proses belajar mengajar tidak terganggu dengan kendaraan yang lewat didepan sekolah. Bangunan kuno yang berdiri sejak puluhan tahun yang lalu masih nampak berdiri kokoh lantaran dirawat dan dipelihara dengan baik.  Adapun pohon-pohon besar yang berdiri di sekitar gedung sekolah yang membuat udara di sekitar sekolah menjadi sejuk. Sekolah ini sudah memiliki banyak guru, lebih dari 40 guru pns, tata usaha, dan guru honorer, cara mengajar guru di Madrasah Aliyah Negri Pangkalan Bun sangat baik. Guru-guru disini mengajar tepat waktu, sabar, dan memancing siswa agar selalu bertanya. Sedangkan sarana dan prasarani di sekolah ini sangat memadahi, sudah ada lapangan basket, lapangan volly, lapangan takrau, tetapi juga ada kekurangannya salah satunya yaitu jarak menuju lapangan bola cukup jauh, akan tetapi di sekitar sekolahan sudah cukup banyak lapangan futsal. Lahan parkir yang sangat luas membuat pemandangan di parkiran menjadi cukup indah, sebab motor-motor tersusun cukup rapi. Madrasah Aliyah Negri Pangkalan Bun juga sudah di lengkapi Lap, diantaranya Lap bahasa, biologi, computer dan free hotspot. Begitu juga dengan kantin, di sekolah ini juga tersedia banyak kantin.
Begitupun dengan ekonomi, di sekolah ini perekonomian cukup sehat dan disekolah ini tidak di punggut biaya spp. Para siswa Cuma mengeluarkan anggaran untuk membeli buku, seragam, dll. Maka dari itu setiap tahunnya Madrasah Aliyah Negri Pangkalan Bun di banjiri oleh para calon siswa baru, di sekolah ini memiliki keunggulan lebih jika di bandingkan SMK, SMA, STM, dll. Sebab disini cukup banyak jam untuk mata pelajaran agama, begitupun dengan jurusan, Madrasah Aliyah Negri Pangkalan Bun memiliki tiga jurusan unggulan, diantaranya Sains, Bahasa, dan IPS.
Para siswa siswi di sekolah ini cukup akrab, jarang ada yang cekcok bahkan berkelahi dengan satu sama lain, sebab akhlak yang paling utama di ajarkan disini, di MAN Pangkalan Bun siswa dituntut aktif. Di sekitar sekolah ada masjid agung, warnet, took-toko buku, dll. Kondisi di luar sekolah juga sangat kondusif, meskipun sekolah di pinggir jalan raya, akan tetapi gedung berjarak agak jauh dari jalan raya dengan tujuan agar belajar tidak terganggu dengan suara-suara kendaraan.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terus berusaha

manisnya hidup kita yang menentukan